Laman

Kumpulan Doa seperti: Doa Qunut, Doa Doa Harian, Doa Tahniah , Doa Doa Nabi, Doa Sholat, dan Ayat-Ayat Al-Qur'an serta hadist Shohih

Bacaan Doa Sebelum Belajar dan Sesudahnya

Doa Sebelum Belajar. Sobat Budiman, kali ini admin akan sedikit mengajikan mengenai Doa Sebelum belajar dan Sesudah Belajar. Menuntut ilmu adalah kewajiban bagi kita semua. Tak mengenal usia, baik tua maupun muda, anak-anak atau orang dewasa, semuanya wajib memperdalam ilmu, terutama ilmu agama. Semuanya perlu proses atau waktu untuk menempuh semua itu, taukah anda apa itu  Proses belajar. Proses belajar adalah satu-satunya cara yang bisa kita lakukan untuk menyerap sedikit dari pelajaran yang diberikan oleh Alloh SWT yang tampak dialam semesta ini.  Islam telah mengajarkan bagaimana cara belajar yang baik.Salah satu ajaran islam tidak terlepas dari doa, Doa merupakan senjata bagi kita semuanya, Baik Dalam hal Melakukan aktivitas belajar ataupun pekerjaan yang lainnya. Dalam islam diatur sedemikian rupa supaya apa yang kita kerjakan menjadi barokah, sehingga kita terhindar dari godaan-godaan setan yang menyebabkan dari kemalasan dan kebodohan.

Doa Sebelum Belajar




http://www.doa-qunut.com/


Adapun Doa setelah belajar Rosulullah Slalu mengajarkan kepada kita juga, makanya hidup terasa hampa klo tanpa doa. Nah buat anda yang lupa akan doa sebelum belajar dan sesudah belajat admin akan sedikit menyajikan, Silahkan simak dibawah ini:  Jangan lupa awali segala aktifitasmu dengan bacaan Bismillah, Karena Setiap perkerjaan kalo ingin mendapatkan pahala jangan lupa serahkan semunya kepada Allah SWT, karena Allah Pemilik semuanya. 

Bacaan Doa Sebelum Belajar



رَضِتُ بِااللهِ رَبَا وَبِالاِسْلاَمِ دِيْنَا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيَا وَرَسُوْلاَ رَبِّ زِدْ نِيْ عِلْمًـاوَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا
“Rodlittu billahirobba, wabi islamidina, wabimuhammadin nabiyyawwarasulla ,robbi zidnii ilmaa warzuqnii fahmaa."

Artinya :
“Kami ridho Allah SWT sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasul, Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik”

Bacaan Do'a Sesudah belajar



اَللَّهُمَّ اِنِّى اِسْتَوْدِعُكَ مَا عَلَمْتَنِيْهِ فَارْدُذْه اِلَىَّ عِنْدَ حَاجَتِى اِلَيْهِ وَ لاَ تَنْسَنِيْهِ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ
“Allahumma innii istaudi'uka maa allamtaniihi fardudhu ilayya 'inda haajati ilaihi walaa tansaniihi yaa robbal 'aalamiin"

Artinya :
"Ya Allah,sesungguhnya aku titipkan kepada-Mu apa yang telah Kau ajarkan kepadaku,maka kembalikanlah ia kepadaku ketika aku membutuhkannya.Dan janganlah Kau buat aku lupa padanya hai Tuhan yang memelihara alam"

رَبَّنَا انْفَعْنَا بِمَاعَلَمْتَنَا الَّذِيْ يَنْفَعُنَا وَزِدْنَا عِلْمًا وَالْحَمْدُلله عَلَى كُلِّ حَالٍ


“Rabbanan fa’naa bima ‘alamtanaladzi yanfa’una wa zidna ‘ilman walhamdulillahi ‘ala kullihal”

Artinya :
“Ya Tuhan kami, jadikanlah ilmu kami ilmu yang bermanfaat, ajarkan kami apa-apa yang bermanfaat bagi kami serta tambahkan ilmu bagi kami, segala puji hanya bagi Allah dalam setiap keadaan”


Nah buat anda sekalian yang ingin tahu tip belajar yang efektif admin akan sedikit berbagi mengenai tip belajar :

Tips Belajar Efektif 
mbuat kegiatan belajarmu 


  1. Tentukan target yang ingin dicapai dari hasil belajar. Misalnya memiliki nilai ulangan yang tinggi, nilai raport yang memuaskan, atau lulus dengan predikat cum laude.
  2. Buat jadwal belajar dan taati jadwal tersebut, sehingga jika Anda melanggarnya buat sangsi untuk diri Anda sendiri.
  3. Istirahat dan berikan penyejukan bagi otak Anda. Bebaskan ia 5 sampai 10 menit dalam proses belajar agar otak tidak kaku.
  4. Tuliskan dan tandai hal-hal yang menurut Anda penting pada buku yang dipelajari. Buat ringkasan dan jembatan keledai agar Anda lebih mudah mengingatnya.
  5. Buat kondisi ruang belajar Anda nyaman. Atur sedemikian rupa sehingga Anda benar-benar rileks berada di dalamnya.
  6. Jauhkanlah semua gangguan seperti kebisingan TV, mesin cuci, dan keramaian jalanan.
  7. Kenali tipe belajar Anda. Jika Anda suka belajar dengan gambar, simbol, dan visualisasi, maka libatkanlah hal-hal visual itu dalam kegiatan belajar Anda.
  8. Baca, dan baca, jangan bosan, jangan malas untuk belajar dan terus giat belajar.
  9. Jangan lupa baca doa sebelum belajar dan doa setelah belajar agar hati dan pikiran tenang saat menerima dan menyudahi proses belajar.


Demikianlah pembahasan mengenai doa sesudah Belajar semoga bermanfaat, Mudah-mudahan kita semua dapat mengamalkan doa tersebut di setiap langkah kaki kita untuk mencari ilmu. terimakasih 
Facebook Twitter Google+
Back To Top