Laman

Kumpulan Doa seperti: Doa Qunut, Doa Doa Harian, Doa Tahniah , Doa Doa Nabi, Doa Sholat, dan Ayat-Ayat Al-Qur'an serta hadist Shohih

Bacaan Doa Menjenguk Orang Sakit

Bacaan Doa Menjenguk Orang Sakit . Sahabat budiman kali ini akan sedikit mengulas mengenai doa menjenguk orang sakit. Itu merupakan kewajiban kita sebagai sesama muslim harus saling mendoakan, Mudah-mudah dengan kita mendoakan dengan iklas karunia Allah akan senantiasa ada dalam diri kita, dan pahala terus mengalir. Amin

Berikut doa menjenguk orang sakit :

اللّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ اَذْهِبِ الْبَأْسَ اشْفِ فَأَنْتَ الشَّافيِ لاَ شِفَاءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَماً

ALLAHUMMA ROBBANNAS ADZHIBILBA' SA ISYFI ANTASYSYAFI LA SYIFAUKA SYIFA' AN LA YUGHODIRU SAQOMA . Artinya ;“Ya Allah Wahai Tuhan segala manusia, hilangkanlah penyakitnya, sembukanlah ia. (hanya) Engkaulah yang dapat menyembuhkannya, tidak ada kesembuhan melainkan kesembuhan dariMu, kesembuhan yang tidak kambuh lagi.” ( HR. Bukhori Muslim)

Menjenguk atau menengok orang yang sedang sakit juga merupakan anjuran Rasululloh Saw, berikut ini adalah sabda beliau.


إِذَا عَادَ الرَّجُلُ أَخَاهُ الْمُسْلِمَ مَشَى فِيْ خِرَافَةِ الْجَنَّةِ حَتَّى يَجْلِسَ فَإِذَا جَلَسَ غَمَرَتْهُ الرَّحْمَةُ، فَإِنْ كَانَ غُدْوَةً صَلَّى عَلَيْهِ سَبْعُوْنَ أَلْفَ مَلَكٍ حَتَّى يُمْسِيَ، وَإِنْ كَانَ مَسَاءً صَلَّى عَلَيْهِ سَبْعُوْنَ أَلْفَ مَلَكٍ حَتَّى يُصْبِحَ.

Atinya:
"Apabila seseorang menjenguk saudaranya yang muslim ( yang sedang sakit ), maka ( seakan-akan ) dia berjalan sambil memetik buah-buahan Surga sehingga dia duduk, apabila sudah duduk maka diturunkan kepadanya rahmat dengan deras. Apabila menjenguknya di pagi hari maka tujuh puluh ribu malaikat mendo’akannya agar mendapat rahmat hingga waktu sore tiba. Apabila menjenguknya di sore hari, maka tujuh puluh ribu malaikat mendo’akannya agar diberi rahmat hingga waktu pagi tiba." ( HR. at-Tirmidzi, Ibnu Majah dan Imam Ahmad dengan sanad shahih )

Itulah Hadist tentang menjenguk orang sakit, selain itu dalam menjenguk orang sakit juga mempunya adab-adab tersendiri. berikut ini adalah adab menjenguk orang sakit.


Adab-adab menjenguk orang sakit:
  • Hendaknya dalam mengunjungi orang yang sakit diiringi dengan niat yang ikhlas dan tujuan yang baik.
  • Hendaknya memperhatikan situasi dan kondisi yang sesuai ketika hendak menjenguk.
  • Hendaknya orang yang menjenguk mendo’akan orang yang sakit dengan kesembuhan dan kesehatan.
  • Mengusap bagian yang sakit dengan tangan kanan dan mengucapkan doa menjenguk orang sakit seperti doa diatas.
  • Hendaknya menundukkan pandangan (tidak menatap dengan tajam), sedikit bertanya, menunjukkan belas kasih kepada yang sakit, dan menasehatinya.
  • Apabila melihat orang yang tertimpa cobaan musibah dan penyakit hendaklah berdo’a dengan suara yang pelan untuk keselamatan dirinya.

Demikianlah ulasan mengenai doa menjenguk orang sakit. Mudah-mudahan kita bisa mengamalkannya. Sukron. 

Facebook Twitter Google+
Back To Top