Laman

Kumpulan Doa seperti: Doa Qunut, Doa Doa Harian, Doa Tahniah , Doa Doa Nabi, Doa Sholat, dan Ayat-Ayat Al-Qur'an serta hadist Shohih

Bacaan Doa Keluar Rumah, Arab, Latin dan artinya

Doa Keluar Rumah. Sobat Budiman untuk kajian kali ini masih seputar doa yaitu doa keluar rumah, Keluar rumah atau masuk rumah adalah salah satu rutinitas sehari-harei. Kita Sebagai seorang muslim yang senantiasa taat Allah dan Rosulnya yakni Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam yang senantiasa mengajarkan kita, membimbing kita dengan Sunnahnya. 


Ada sebuah haditsriwayat Muslim (III/1598) Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

“Jika seseorang memasuki rumahnya, lalu menyebut Nama Allah Ta’ala (Bismillaah) ketika masuk dan ketika makannya, maka syaithan berkata : ‘Tidak ada tempat bermalam dan makan malam bagi kalian.’ Jika ia tidak menyebut Nama Allah ketika masuk, maka syaithan berkata : ‘Kalian menemukan tempat bermalam…”

Setiap langkah kita dan perbuatan kita jangan sampai lupa untuk menyebut nama Allah (Bismillaah) begitu juga ketika ketika masuk rumah Supaya kita akan slalu dilindungi Allah dari godaan syaithan. Yang senantiasa mengajak, menggiring kita kepada, maksiat kepada Allah. Karena setan pernah berjanji akan menggagnggu semua manusia, kecuali orang yang muhlis diantara hamba Allah, Orang yang muhlis tidak pernah terlewatkan sedikitpun kesempatan untuk senantiasa berdoa kepada Allah.

Doa Keluar Rumah
Doa Keluar Rumah

Mengenai Bacaan doa masuk rumah. Mungkin kita sudah tahu apa yang diajarkan oleh Rosulullah Saw. Dalah SEbuat hadits Beliau bersabda, “Barangsiapa ketika keluar dari rumahnya mengucapkan :

بِسْمِ الله, تَوَكَّلْتُ عَلَى الله, لاَحَوْلَ وَلاَقُوَّتَ إلاَّبِا الله

(Bismillaahi, tawakkaltu ‘ala Alloh, Laa hawla wa laa quwwata illaa billaah)

[Dengan menyebut Nama Allah, aku bertawakkal kepada Allah, tidak akan ada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah]

Maka dikatakan kepadanya, ‘Engkau talah dicukupi dan telah dijaga,’ dan syaithan pun menjauhinya.” (Hadits Shahih, lihat Shahiih Sunan at-Tirmidzi (III/151)

Ada seuah hadits shahih  dalam kitab Shahiih Sunan Abi Dawud (III/959) yakni :

اللهُمَّ إنِّي أعُوْذُ بِكَ أنْ أضِلَّ أوْ أُضَلَّ, أوْ أزِلَّ أوْ أزَلَّ, أوْ أظْلِمَ أوْ أظْلَمَ, أوْ أجْهَلَ أوْ تُجْهَلَ عَلَيَّ

(Alloohumma innii a’udzubika an adhilla aw udholla, aw azilla aw uzalla, aw azhlima aw uzhlama, aw ajhala aw tujhala ‘alayya)

“Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari tersesat atau disesatkan, atau tergelincir atau digelincirkan, atau menganiaya atau dianiaya, atau berbuat bodoh atau dibodohi.”

Sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah segala sesuatu yang bersumber dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, baik ucapan, perbuatan maupun penetapan beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam, yang ditujukan sebagai syariat bagi umat Islam.

Keutamaan Kita Menghidupkan Sunah Rosul, Rasulullah SAW bersabda:

“Barangsiapa yang menghidupkan satu sunnah dari sunnah-sunnahku, kemudian diamalkan oleh manusia, maka dia akan mendapatkan (pahala) seperti pahala orang-orang yang mengamalkannya, dengan tidak mengurangi pahala mereka sedikit pun“

"Barang siapa menghidupkan sunahKu sungguh dia cinta kepadaku,dan barang siapa yang cinta kepadaKu akan bersamaKu didalam syurga"

Diantara sunnah-Sunnah beliau adalah berdoa disetiap aktivitas baik sebelum,sedang ataupun setelahnya. tidak pernah  lupa akan doa. Kata orang TK mah, Di tangan ini ada doa, Di mulut ini ada doa, disemua ini ada doanya. 

Demikianlah Ulasan mengenai Doa keluar rumah Mudah-mudah kita bisa mengamalkan disetiap kali keluar rumah, dan jangan lupa Ucapkan salam ketika masuk rumah sendiri, ataupun rumah orang. Terimakasih 
Facebook Twitter Google+
Back To Top