Laman

Kumpulan Doa seperti: Doa Qunut, Doa Doa Harian, Doa Tahniah , Doa Doa Nabi, Doa Sholat, dan Ayat-Ayat Al-Qur'an serta hadist Shohih

Bacaan Doa Iftitah dan Terjemahannya

Doa Iftitah Sahabat budiman untuk bahasan kali ini admin akan sedikit membahas mengenai bacaan-bacaan doa iftitah. Berdasarkan keterangan dan hadist Rosululloh, Anda tinggal Pilih mana yang lebih afdol untuk di amalkan. 



Doa Iftitah
Doa Iftitah  riwayat Al-Bukhari dan Muslim


Berikut ini bacaan doa iftitah :


سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ وَتَبَارَكَ اسْمُكَ وَتَعَالَى جَدُّكَ وَلاَ إِلَهَ غَيْرُكَ

yang berdasarkan hadis paling kuat, yaitu riwayat Al-Bukhari dan Muslim, Abu Daud dan An-Nasai.



اللَّهُمَّ بَاعِدْ بَيْنِي وَبَيْنَ خَطَايَايَ كَمَا بَاعَدْتَ بَيْنَ الْمَشْرِقِ وَالْمَغْرِبِ, اَللَّهُمَّ نَقِّنِي مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ اْلأَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ, اَللَّهُمَّ اغْسِلْ خَطَايَايَ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ.   رواه السبعة


“Wahai Tuhanku, jauhkan aku (di masa mendatang) dari kesalahanku sebagaimana Engkau Tuhan telah menjauhkan antara Masyriq dan maghrib. Wahai Tuhanku, bersihkanlah aku dari kesalahan-kesalahanku (pada waktu yang sedang dipakai) seperti dibersihkannya (dijaga kebersihan) baju yang putih dari segala kotoran. Wahai tuhanku, cucilah aku dari kesalahan-kesalahanku (dimasa lampau) dengan air, dengan salju, dam dengan air ibnu (dengan sebersih-bersihnya)” (H.r. As-Sab’ah)

Dan ada doa iftitah yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, Abu Daud, At-Tirmidzi dan An-Nasai dari Sd. Ali yaitu, Wajjahti wajhiya.... yang paling banyak dibaca dinegeri kita, akan tetapi sayang tidak dibaca tamat, kebanyakan orang membaca hingga .....wa ana minal muslimin, padahal masih ada sambungannya.
Dalam kitab Muslim ditulis sebagai berikut

1.      وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِي فَطَرَ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضَ حَنِيفًا وَمَا أَنَا مِنَ الْمُشْرِكِينَ

2. إِنَّ صَلاَتِي وَنُسُكِي وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِي لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

3. لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَبِذَلِكَ أُمِرْتُ وَأَنَا مِنَ الْمُسْلِمِينَ


4. اللَّهُمَّ أَنْتَ الْمَلِكُ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ

5. أَنْتَ رَبِّي وَأَنَا عَبْدُكَ

6. ظَلَمْتُ نَفْسِي وَاعْتَرَفْتُ بِذَنْبِي فَاغْفِرْ لِي ذُنُوبِي جَمِيعًا

7. إِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلاَ أَنْتَ

8. وَاهْدِنِي ِلأَحْسَنِ اْلأَخْلاَقِ لاَ يَهْدِي ِلأَحْسَنِهَا إِلاَّ أَنْتَ

9. وَاصْرِفْ عَنِّي سَيِّئَهَا لاَ يَصْرِفُ عَنِّي سَيِّئَهَا إِلاَّ أَنْتَ

10. لَبَّيْكَ وَسَعْدَيْكَ

11. وَالْخَيْرُ كُلُّهُ فِي يَدَيْكَ وَالشَّرُّ لَيْسَ إِلَيْكَ

12. أَنَا بِكَ وَإِلَيْكَ تَبَارَكْتَ وَتَعَالَيْتَ

13. أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ

  • Aku hadapkan mukaku kepada tuhan pncipta langit-langit dan bumi dengan ikhlas dan aku bukan dari golongan musyrikin 
  • Sesungguhnya sembahyangku, dan ibadahku, hidupku dan matiku semuanya karena Allah pengurus sekalian alam 
  • Tidak ada sembarang sekutu baginya, dan dengan demikian aku diperintah dan aku dari golongan muslimin 
  • Wahai Tuhanku Engkaulah Raja, tidak ada sembarang Tuhan kecuali Engkau 
  • Engkau pemimpinku dan aku hamba-Mu 
  • Aku telah zalim terhadap diriku, dan aku mengakui atas dosaku, maka ampunkanlah dosaku seluruhnya 
  • Sesungguhnya tidak ada yang mengampunkan dosa kecuali Engkau 
  • Dan tunjukkanlah aku kepada akhlaq yang paling baik, tidak ada yang menunjukkan kepadanya kecuali Engkau 
  • Dan palingkanlah dari padaku akhlak yang jahat tidak ada yang memalingkannya kecuali Engkau 
  • Aku terus-menerus menaati perintah-Mu dan terus menurut, aku bahagia karena perintah-Mu 
  • Dan segala kebaikan ada pada tangan Engkau dan kejahatah tidak layak ditudingkan kepada Engkau 
  • Segala gerak aku dengan pertolongan Engkau, dan segala ibadahku untuk-Mu, bertambah-tambah berkah kebaikan-Mu dan Engkau Maha Tinggi 
  • Aku minta ampun kepada Engkau dan aku taubat kepada Engkau.

Demikianlah Ulasan mengenai Bacaan doa iftitah dan Terjemahannya, Silahkan hafalkan bagi anda yang belum hafal, Semoga bermanfaat terimakasih
Facebook Twitter Google+
Back To Top